Polres Halmahera Timur Gelar Latihan Simulasi Sispamkota Di Kantor DPRD Kota Maba

Kegiatan dipimpin Kapolres Halmahera Timur AKBP Setyo Agus Hermawan S.I.K., M.A.P., dihadiri para Perwira dan Personil Polres Halmahera Timur yang terlibat dalam pelaksanaan Sispamkota Di Kantor DPRD Kota maba, Sabtu (14/10/2023).

Kegiatan simulasi bertujuan mengecek kesiapan baik sarana dan prasarana kemudian persiapan cara tindak anggota Polres Halmahera Timru dalam rangka mengantisipasi situasi untuk tetap aman pada Pemilu nanti.

Kapolres Haltim, AKBP Setyo Agus Hermawan S.I.K., M.A.P., mengatakan simulasi ini bertujuan untuk semua pasukan memahami dan bisa melaksanakan pengamanan pada saat Pemilu berlangsung.

Sebelum adanya simulasi ini, Polres Halmahera Timur juga telah melakukan beberapa langka kegiatan pencegahan maupun penegakan sesuai perintah dari Mabes Polri, tujuannya untuk mendinginkan situasi sebagaimana telah ada kegiatan Jumat Curhat, Edukasi dan kegiatan Khusus untuk minimalisir adanya profokasi.

“Jadi ada safari lewat internet dan media sosial, Patroli Ciber terhadap adanya berita-berita hoax, walaupun belum terlalu mengara ke Pemilu, tetapi arahnya pada Situasi Khambtibmas,” kata Kapolres Halmahera Timur.

Dikatakannya, Kapolres Halmahera Timur sudah siap baik itu secara SOP maupun personil anggota di lapangan untuk mengamankan Pileg dan Pilpres 2024.

“Saya libatkan full untuk kekuatan Polri, diluar dari kekuatan instansi atau stakeholder lainnya, mulai dari tahapan Kampanye, Pengamanan di TPS sampai tahap Pleno di KPU,” tuturnya.

Kapolres Halmahera Timur, mengharapkan agar  KPU dan Bawaslu selaku lembaga penyelenggara melaksanakan seluruh tahapan dengan baik. laksanakan secara Jujur dan Adil, sehingga tidak merugikan Negara, Masyarakat serta Peserta Calon.

“Peserta Calon yang akan mengikuti pesta Demokrasi ini, baik di tingkat satu dan tingkat dua, (Pusat/Daerah), kami berharap dalam pemilu tahun 2024, dilaksanakan dengan cara mendidik Masyarakat, jangan ada profokasi dan Mani Politik (Politik Uang) dan semoga Pemilu berjalan Aman, Kondusif, tidak ada Konflik dan korban di Masyarakat,” harapannya.

Kapolres mengatakan untuk jumlah pasukan Sispamkota yang disiapkan 204 anggota, sementra untuk tahap kampanye kita akan siapkan anggota 103 orang, kemudian untuk pamTPS kita siapkan 205 orang, ditambah BkopamTPS dari Polda 43 orang, BKODALMAS 1 Platon dan BKOBrimob 1 Platon.

“Jadi nanti sekitar 350 orang untuk keterlibatan dalam Pemilu nanti, akan tetapi pasukan akan menigkat apabila dilihat dari eskalasi situasi di Halmahera timur,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *